Rabu, 18 Februari 2009

BELAJAR DARI SEORANG KAKEK

Suatu hari saya kedatangan seorang kakek, dia menawarkan tenaganya kepada saya untuk membersihkan rumput dihalaman."berapa pak?" tanya saya, "250 ribu" jawabnya mantap. 'wuih mahal sekali' saya terkejut dengan harga yang diberikan.

Saya coba menawar tapi tetep aja sang kakek ngak mau nurunin harga, akhirnya saya pun menyerah, "pak, maaf saya tidak bisa bayar segitu, lagian halaman ngak begitu kotor kok" tapi tetep aja si kakek ngotot, akhirnya saya pun minta bantuan tetangga.

Setelah ada perdebatan kecil akhirnya sang kakek mau pergi juga, tapi sebelum pergi dia sempet berkata "saya dari jauh pak" wah kasihan juga nih kakek. Akhirnya saya ngeluarin juga selembar uang dari saku saya "nih pak, sekedar buat bapak makan" dia pun menerimanya. Tapi dia ngak mau pergi begitu aja setelah menerima uang dia malah balik pengen bersihin halaman lagi. Wah pusing saya, kok malah ngak pergi malah terjadi perdebatan kecil lagi. Untungnya sang kakek mau pergi juga.

Tapi diantara perdebatan kecil tadi, saya bener-bener merasa tertampar keras. Ternyata sang kakek tidak mau menerima begitu saja pemberian dari saya sebelum dia melakukan sesuatu untuk saya, "saya kesini untuk bekerja pak, bukan minta-minta uang bapak" katanya tegas.

Terus terang saya merasa malu, sang kakek yang sudah renta itu ternyata tidak mau menggunakan keadaannya yang sudah renta untuk menerima belas kasihan orang. Dibandingkan dengan saya yang masih muda dan kuat tapi saya masih sering merengek- rengek meminta belas kasihan orang dan terlalu mudah untuk menyerah tanpa mau berusaha lebih keras lagi.

Hari itu saya mendapatkan pelajaran menarik dari sang kakek.

Related Post



2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ini kakek yang sering kewarnet itu ya??

Tapi ada hikmah yang bisa kita ambil dari cerita ini, paling tidak kita harus lebih semangat bekerja di banding kakek tadi...OK

dian mengatakan...

bukan, nih kakek yang ngotot mau bersihin rumput didepan, bukan kakek yang biasanya ngaca didepan.

Posting Komentar